Kuis manajemen perubahan

Kuis  manajemen perubahan

1. Perubahan menuntut tiga hal sekaligus: Melihat, Bergerak dan Menyelesaikan sampai tuntas. Black dan Gregersen (2002) menemukan 3 cara yang dapat dipakai untuk mengajak orang melihat, jelaskan ke 3 cara tersebut?
2. Jelaskan perbedaan kultur masyarakat altruistik dengan masyarakat selfish?
3. Jelaskan indikator-indikator apa saja yang perusahaan sedang sakit/krisis dapat melakukan turnaround
4. Jelaskan tipe manajer turnaround?
5. Sehebat apapun angan-angan Anda untuk menciptakan perubahan, belum tentu dapat menjalankan kalau tidak berorientasi pada tindakan dan tak berani mengambil resiko.jelaskan 6 langkah tindakan perubahan?
6. Budaya organisasi dapat diartikan sebagai norma perilaku, sosial dan moral yang mendasari setiap tindakan dalam organisasi dan dibentuk oleh kepercayaan, sikap dan prioritas anggotanya (turner, 1992). Jelaskan hubungan antara keadaan lingkungan perusahaan dengan strategi manajemen terhadap budaya perusahaan,(budaya adaftasi, visi, partisipaif dan konsisten)?
7. Jelaskan bagaimana cara memperkuat budaya baru positif dalam suatu prusahaan?
8. Jelaskan 7 kunci utama untuk merangsang perubahan organisasi?
9. Jelaskan konsep tentang manajeman harapan?
10. Jelaskan kesimpulan dari judul tugas yang saudara persentasikan dikelas tentang implementasi manajemen perubahan dalam suatu perusahaan?

Jawaban :

1. black dan gregersan (2002) menemukan 3 cara yang dapat di pakai untuk mengajak orang melihat yaitu :
  • Menciptakan kontras yang tajam
    Sesuatu yang tidak kontras, sulit dibedakan keberadaanya
    • -Fokus
    • -Hindari penyajian yang kompleks
    • -Piknik- studi banding 
    • -Pengalaman 
    • -Pareto
  • Menciptakan konfirmasi yang efektif 
    • Dikomunikasikan secara berulang-ulang, untuk “membukakan mata” seseorang terhadap perubahan makan menunjukan kontras saja tidak cukup. 
  • Menggabungkan keduanya 
    • Merupakan cara terbaik untuk memperlihatkan perubahan adalah dengan menggabungkan kontras dengan konfrontasi. Apabila suatu kontras ditampilkan secara berulang – ulang maka perubahan itu akan sangat dirasakan kehadiranya. 

2. Masyarakat altruistik yaitu masyarakat dengan kerelaan berkorban yang besar dengan nilai sosial  yang kuat dan mereka berani berkorban karena orang lain yang sukses pun rela berkorban.
Masyarakat selfish yaitu masyarakat yang mengedepankan tuntutan diri/kelompoknya masing-masing,dan cenderung penuh dengan kecurigaan dan dibayangi rasa takut kehilangan

3. Indicator indicator perusahaan yang sedang sakit/krisis dapat melakukan turnaround :
 Dukungan kuat dari stake holder, pekerja, komunitas dan pemegang saham
  • - Dapat dilihat dari ucapan, opini yang beredah dan diungkapkan, serta keseriusan untuk berkorban.
  • - Pekerja bersedia gaji diturunkan, dirumahkan dan tidak menerima kompensasi selama waktu tertentu, tidak berdemo
  • - Bank bersedia menunda penerimaan pembayaran
  • - Negara menjamin dan menyuntikkan dana, membeli produk dalam kurun waktu ttn
  • - Dukungan tersebut memunculkan optimeisme
 Ada core bisnis yang mampu mendatangkan cash flow
  • Apakah produk masih menghasilkan revenue
  • Harus tahu mana produk menghaslkan uang dan man yang kanibal
 Adanya team manajemen yang solid dan tangguh  Sumber pembiayaan baru, khusus pembiayaan berjangka panjang

4. tipe manajer turnaround diantaranya :
Slash and Burn : tebas dan pangkas
Holism : memandang perusahaan gagal tumbuh karena elemen di dalamnya kurang kerjasama.
Practical : sistem dan prosedur

5. 6 langkah tindakan perubahan :
Jangan abaikan strategi

Melakukan tindakan nyata dari eksekutor yang menggelindingkan perubahan secara riil tanpa mengabaikan strategi
Bertindak seperti Tikus
· Tidak pustus asa, tidak membiarkan berorienatsi pada masa lalu
·  Berani bereksperimen dan mencari cara baru dan bertindak

Warnai Perubahan dengan mimpi Besar
Mimpi adalah gambaran ideal tentang sesuatu di masa depan, Dalam bahasa manajemen disebut dengan visi, yaitu kemampuan melihat sebelum orang lain mampu menyaksikannya, dan sekarang berkembang menjadi visi yang dikembangkan secara bersama-sama “share vision”

Tumbuhkan Kesadaran Bahwa Setiap Awal Adalah Sulit
Berikan “Value” bagi dunia 
Seorang pemimpin perubahan akan dirasakan manfaatnya oleh orang lain dan ia mampu memberikan suatu manfaat yang memajukan orang lain.
Berorientasi pada Bisnis


6. hubungan antara keadaan lingkungan perusahaan dengan strategi manajemen terhadap budaya perusahaan :
· Budaya adaptasi
  • · Respon yang segera untuk menyesuaikan diri
  • · Orang-orang diarahkan dapat mendukung kapasistas organisasi untuk menangkap tnda-tanda dan menafsirkan tindakan terhadap perubahan lingkungan
· Budaya Misi
  • · Penyebaran visi agar memberi arti bagi anggota
  • · Institusi mulai memperhatikan orang diluar dirinya
· Budaya Partisipatif
  • · Fokus pada keterlibatan seluruh orang dalam institusi terhadap perubahan lingkungan yang cepat
  • · Mulai dikembangkan profit sharing (kepemilikan saham secara berkelompok)
· Budaya Konsisten
  • · Perusahan fokus pada strategi intern
  • · Simbol, kepahlawanan dan protokoler unutk mendukung kerjasama, tradisi dan kebijakan institusi

7. cara memperkuat budaya baru positif dalam suatu perusahaan pentingnya budaya disiplin untuk meraih keunggulan dalam bersaing.menurut perusahaan-perusahaan yang bagus dapat dibedakan ke dalam dua kategori yaitu :
  • · Good company (perusahaan bagus)
  • · Great company (perusahaan hebat)
Ada tiga pilar utama yang membentuk budaya disiplin, yaitu : 
 Disipline People : Manusia yang diseleksi ditempatkan dengan baik
Disipline Action : Strategi yang diimplementasikan dengan benar
Disipline Thought : Mengikat kerja bukan hanya dengan disiplin, melainkan dengan budaya disiplin

8. 7 (tujuh) kunci utama untuk merangsang perubahan organisasi :
Standar yang jelas
Supaya berhasil dalam menggerakkan perasaan, sangat mutlak dibutuhkan kesamaan visi tentang standar yang harus dicapai
Standar yang sempurna
Sebuah pesta perubahan akan berjalan menyenangkan kalau pemimpin punya keyakinan kuat bahwa para pengikutnya mau dan mampu menggerakkan seluruh karayawan
Berikan perhatian
Pemimpin yang memberikan perhatian akan aktif bekeliling mengunjungi stafnya dimanapun, dikenal sebagai atasan yang bersahabat dan mengenal masalah mereka dengan jelas. Setiap minggu memiliki program mendatangi staf dan memberikan semangat.   
Pengakuan
Recognition atau mengenali kembali, dengan kata lain pengakuan adalah upaya untuk meneguhkan seseorang.
Rayakan Keberhasilan Bersama
Supaya memberikan semangat, kisah sukses hendaknya disharing kepada orang lain.
Berikan Cerita
Agar merangsang sebuah imajinasi, inspirasi dan semangat.
Memberikan Contoh 
Pemimpin yang baik dan mengerti arah perubahan, akan memimpin dengan


9. Konsep manajemen harapan
Sebagian besar orang memiliki harapan yang realistis namun masih banyak yang menaruh ekspetasi terlalu tinggi. Ekspetasi dan harapan akan menimbulkan kekecewaan ketika bertemu dengan realistis. Pemimpin perubahan tidak bisa memenuhi harapan setiap orang karena berbeda tiap individunya, namun manusia biasanya lebih menekankan dan menghargai upaya yang dilakukan pemimpin untuk memenuhi harapannya darida hasilnya. Dengan kata lain, manusia mampu dan rela menyesuaikan terhadap harapannya sehingga lebih siap menerima realitas yang berada di bawah harapannya semula, sepanjang ia dapat mengerti factor-faktor penyebab yang dapat diterima oleh akal.

10. Manajemen perubahan pada Garuda Indonesia telah menghasilkan hasil yang positif yaitu dengan menjadikan Garuda Indonesia sebagai ikon maskapai penerbangan dengan pelayanan terbaik di Indonesia, hal ini terjadi Karena proses restrukturisasi diperusahaan garuda melalui pengaruh pemimpin yang transformasional dalam menciptakan kebijakan dan inovasi-inovasi baru.

Post a Comment

0 Comments