Function pada Shell

Function pada Shell Merupakan bagian script atau program yang berisi kumpulan beberapa statement yang melaksanakan tugas tertentu. dengan subrutin kode script kita tentunya lebih sederhana dan terstruktur, karena sekali fungsi telah dibuat dan berhasil maka akan dapat digunakan kapan saja kita inginkan. beberapa hal mengenai fungsi ini adalah:
Memungkinkan kita menyusun kode script ke dalam bentuk modul-modul kecil yang lebih efisien dengan tugasnya masing-masing.
Mencegah penulisan kode yang berulang - ulang.

untuk membuat subrutin shell telah menyediakan keyword function seperti pada bahasa C, akan tetapi ini bersifat optional (artinya boleh digunakan boleh tidak).
syntax:
function nama_fungsi() { perintah; }
nama_fungsi adalah pengenal (identifier) yang aturan penamaannya sama seperti pemberian nama variabel, setelah fungsi dideklarasikan atau dibuat anda dapat memaggilnya dengan menyebutkan nama fungsinya. lebih jelasnya lihat contoh script fungsi1 berikut:
#!/bin/bash
function say_hello() {
echo "Hello, apa kbabar"
}
#panggil fungsi
say_hello;
#panggil sekali lagi
say_hello;
Hasilnya:
[hadi@linux$]./fungsi1
Hello, apa khabar
Hello, apa khabar
jika keyword function disertakan maka kita boleh tidak menggunakan tanda kurung (), tetapi jika keyword function tidak disertakan maka tanda kurung harus digunakan, lihat contoh berikut:
#!/bin/bash
function say_hello{
echo "Hello,apa khabar"
}
balas(){
echo "Baik-baik saja";
echo "Bagaimana dengan anda ?";
}
#panggil fungsi say_hello
say_hello;
#panggil fungsi balas
balas;
Hasilnya:
[hadi@linux$]./fungsi2
Hello, apa khabar
Baik-baik saja
Bagaimana dengan anda ?

Post a Comment

0 Comments