Mendeklarasikan Array

Mendeklarasikan Array
Array biasanya digunakan untuk mengelompokkan data atau obyek yang memiliki tipe yang sama. Array memungkinkan untuk mengacu ke sekumpulan obyek dengan nama yang sama.
Array dapat dideklarasikan dengan tipe apa saja, baik itu yang bertipe data primitif maupun obyek. Berikut contoh deklarasi Array :
char s[];
point p[]; // point adalah sebuah kelas
Dalam bahasa pemrograman Java, Array merupakan sebuah obyek meskipun ia terdiri dari elemen yang bertipe data primitif. Seperti halnya kelas yang lain, ketika mendeklarasikan Array belum dibentuk sebuah obyek Array. Deklarasi Array hanya membuat sebuah referensi yang dapat digunakan untuk mengacu ke sebuah obyek Array.
Besarnya memori yang digunakan oleh elemen-elemen Array akan dialokasikan secara dinamis dengan menggunakan pernyataan new atau dengan array initializer.
Contoh deklarasi array di atas, dengan menggunakan kurung siku setelah nama variabel, merupakan standar penulisan array dalam C, C++ dan Java. Format demikian agak sulit untuk dibaca. Oleh karenanya, bahasa Java menggunakan bentuk deklarasi array alternatif dengan menggunakan kurung siku di sebelah kiri seperti dalam contoh berikut :
char[] s;
point[] p; // point adalah sebuah kelas
Sebuah deklarasi array dapat ditulis sebagai pendeklarasian tipe array di bagian kiri dan nama variabel di bagian kanan. Kedua bentuk deklarasi array di atas dapat digunakan, tetapi sebaiknya konsisten dalam menggunakan satu bentuk saja. Dalam deklarasi array, tidak ditentukan ukuran aktual dari array. Ketika mendeklarasikan array dengan kurung siku yang berada di sebelah kiri nama variabel, kurung siku tersebut berlaku bagi semua variabel yang berada di sebelah kanannya.

Post a Comment

0 Comments