Sistem oprasi Tugas 05

Nama : Hadi Septiawan
Nim    : 2011 83 058
Seksi  : 04

1. apa yang dimaksud dengan proses ?
Jawan : Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Proses adalah program tunggal yang berjalan pada alamat virtual, berarti setiap hal yg berjalan dibawah Linux adalah proses. Proses ini berjalan melalui perintah-perintah yang ada dalam shell. Satu baris perintah dalam shell terkadang mampu mempengaruhi lebih dari satu proses, khususnya jika terdapat perintah pipe

2.apa yang di maksud perintah untuk menampilkan suatu prose " ps, pstree " ?
ps : Perintah 'ps' merupakan akronim dari “process status”. Akan memberikan informasi status proses pada sistem kita. Menampilkan
berbagai informasi mengenai proses apa saja yang sedang aktif, siapa pemilik proses tersebut, berapa lama proses berjalan dan berapa ID atau nomor pengenal proses.
contoh :
[root@localhost A]# ps
  PID TTY          TIME CMD
 1888 tty1     00:00:00 bash
 2025 tty1     00:00:00 ps
pstree
Sama halnya dengan perintah ps. Pstree juga mempunyai fungsi yang sama untuk melihat status proses yang berjalan pada sistem. Tetapi informasinya di perlihat dengan bentuk tree (pohon)

3. sebutkan opsi yang dapat di berikan pada perintah ps ?
Jawab : a. $ps untuk melihat kondisi proses yang ada
         b. $ps -u untuk melihat faktor/element lainnya
         c. $ps -u <user> mencari proses yang spesifik pemakai
         d. $ps -a mencari proses lainnya (all)
         e. $ps -au mencari proses lainnya (all user)
         f. $ps -eH e untuk semua proses, H untuk hirarki tampilan proses
         g. $ps -e f -f menampilkan status proses dengan karakter grafis

4.apa yang dimaksud dengan sinyal ? apa perintah untuk mengirim sinyal ?
Jawab : Sinyal adalah suatu alat komunikasi antar proses, yaitu memberitahukan proses yang sedang berjalan bahwa ada sesuatu yang harus dikendalikan. Berdasarkan sinyal yang dikirim ini maka proses dapat bereaksi dan administrator/programmer dapat menentukan reaksitersebut. Kill merupakan perintah yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke proses atau menghentikan proses. Biasanya untuk menghentikan proses signal kita bisa menggunakan kill SIGNAL PID dimana PID sudah diketahui. Mengirim sinyal menggunakan instruksi :
kill [-nomor sinyal] PID

5. apa yang dimaksud dengan proses foreground dan baground pada job control ?
Jawab : Job bekerja pada foreground atau background. Pada foreground hanya diperuntukkan untuk satu job pada satu waktu. Job pada foreground akan mengontrol shell menerima input dari keyboard dan mengirim output ke layar. Job pada background tidak menerima input dari terminal, biasanya berjalan tanpa memerlukan interaksi. Job pada foreground kemungkinan dihentikan sementara (suspend), dengan menekan [Ctrl-Z]. Job yang dihentikan sementara dapat dijalankan kembali pada foreground atau background sesuai keperluan dengan menekan ”fg ” atau ”bg ”. Sebagai catatan, menghentikan job seme ntara sangat berbeda dengan melakuakan interrupt job (biasanya menggunakan [Ctrl-C]), dimana job yang diinterrup akan dimatikan secara permanen dan tidak dapat dijalankan lagi.

6. apa yang dimaksud perintah-perintah penjadwalan prioritas " top, nice, renice "
Jawab : 

top : Perintah top digunakan untuk menampilkan proses pada CPU.Perintah ini untuk menampilkan proses yang sedang berjalan secara realtime (kontinue) dan bisa digunakan untuk menampilkan proses dan penggunaan resource yang paling aktif.

nice : Dengan perintah nice kita bisa mengubah prioritas pengerjaan sebuah proses, Secara default prioritas nice diset pada nilai 10. Range nilai Nice dari +19 (very nice) hingga −20 (not very nice). Misalkan kita ingin mengcopy dari CD-ROM sebuah CD
instalasi Kubuntu.7.10,
$ dd if=/dev/cdrom of=~/mdk1.iso
Karena data yang dicopy dari CD-ROM ke hardisk besar, maka memerlukan banyak resource dan waktu yang lama. gunakan opsi -n dan prioritas maksimal yaitu 19.
$ nice -n 19 dd if=/dev/cdrom of=~/mdk1.isorenice.

renice : Operasi renice kebalikan dari nice, Renice digunkana untuk menurunkan prioritas pengerjaan sebuah proses. Misalkan kita memiliki proses yang dijalankan dengan PID 785, yang mengerjakan perhitungan matematika yang panjang, sedangkan pada saat yang sama kita ingin melakukan operasi lain misalkan bermain game yang membutuhkan free system resources. anda dapat mengetikkan :
$ renice +15 785

Post a Comment

2 Comments

Anonymous said…
makasih untuk blognya .. tapi lok leh tau dpet jawaban ini dari mana????