Cara Aman bertransaksi online pada situs e-commerce



Dilihat dari masih banyaknya hambatan dalam menerapkan e-commerce maka kita perlu tau cara aman dalam melakukan transaksi e-commerce karena dunia ini semakin global dalam tatanan globalisasi. Beberapa cara yang aman dalam melakukan transaksi dengan media internet yakni,

> Pastikan situs yang Anda kunjungi merupakan situs yang terkenal dan mempunyai berbagai macam produk unggulan, biasanya situs – situs ini memiliki berbagai macam sponsor atau iklan yang mendukung.Beberapa situs yang memakai internet sebagai perluasan usahanya yaitu, eBay.com, amazon.com, paypal.com.
Contoh situs eBay adalah ajang pasar online dunia  tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil.

> Yang menandakan suatu retailer web site aman atau tidak adalah adanya tanda khusus yang muncul di status bar di bagian bawah layar browser. Pada IE, tanda yang muncul adalah tanda gembok terkunci di pojok kanan status bar. Sedangkan pengguna Netscape Navigator, akan melihat tanda kunci di pojok kiri status bar. Jika tanda-tanda tersebut muncul, berarti Anda sedang ter-connect pada server yang aman. Walaupun begitu, karena standar yang dipakai untuk secure connection ini relatif baru, belum semua cybershop menggunakan standar ini.
Meskipun merupakan cara yang cukup sederhana untuk melihat karakteristik situs yang aman untuk melakukan transaksi jual beli namun cara sederhanan ini cukup ampuh. Misalnya saja Anda ingin membeli sebuah raket tenis, secara visualisasi ditampilkan hanya bagian depan raket tennis tersebut, maka Anda harus waspada bila Anda menemuinya pada situs e-commerce yang belum Anda percayai sepenuhnya, bisa saja raket tenis yang Anda pesan rusak pada beberapa bagian.

Post a Comment

0 Comments